Minggu, November 4

Hello my new world!

∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿


Kamu tahu?
Dari banyaknya kebahagiaan yang bisa kita peroleh..
Dari banyaknya suka cita yang bisa dirasakan..
Dan dari banyaknya kesedihan serta sakit yang dimiliki..
Semuanya tersimpan rapi dalam memori kita, sepanjang usia kita..



∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿∿


Huwah! Rasanya banyak yang ingin dituangkan segala rasa yang ada, mulai dari rasa yang penuh suka cita maupun duka cita..

Kenapa?
Karna ini pertama kalinya gue merasakan apa yang pernah emak gue rasakan dulu.. Ya, kini gue benar-benar merasakan rasanya menjadi wanita seutuhnya *masa siiih!!*. Dan saat ini gue ngetik pun sambil meng-ASI-hi si Gembul. -November 2018

My baby boy
Hari dimana Gembul lahir ke dunia ini dan bertemu dengan ayah dan ibunya untuk pertama kali. Dia mungkin gak nyangka ternyata orang yang suka nangis, ngamuk, atau ketawa secara tiba-tiba ini adalah ibunya. Dan dia juga mungkin gak nyangka kalau orang yang suka absurd, hobi membunuh kecoak, dan jajan cilor itu ternyata ayahnya. Kuharap dia tidak seperti kami berdua.. Hening seketika...

Story begins
Sabtu, 29 September 2018.
Pada hari itu, gue yang mulai menggendut besar dengan ria ini sedang bersiap-siap untuk pindah ke rumah orang tua. Rumah kontrakan hijau besar yang penuh dengan kenangan ini akan kami tinggalkan selamanya.. Karna kondisi kami yang gak memungkinkan untuk pisah dari orangtua ketika baby lahir. Tuman!

You know? Gue packing, rapihin rumah SENDIRIAN! NOTED! SENDIRIAN! Huh! Di hari sabtu yang indah nan damai ini, suami sedang menimba ilmu di kampoes tertjintanja.. Yea.. Packing sendirian sambil merenungi hal-hal yang sudah berubah dalam hidup gue ini.. Melow mode on..

Sehabis isya, adik-adik gue dan nyokap datang ke kontrakan untuk bantuin gue pindahan. Tapi ya tau sendiri, adik gue cewe, gue cewe, dan emak gue cewe *yaiyalah~*, tanpa si suami yang masih sibuk menimba ilmu; yang kita lakukan bukan packing tapi yang ada kita sibuk ghibah *as usually ye kan* dan yang satu sibuk dengan dunianya sendiri (main rumah-rumahan gilak! Usia 17th masih main rumah2an sendiri) *tepok jidak*. Ciledug - Ciputat.. Jarak yang cukup jauh bagi orang yang sedang hamil tua.

Minggu, 30 September.
Sehabis sholat subuh, gue sempetin jalan2 sama si bontot buat cari nasi uduk. sekitar 30 menit - 1 jam kita berjalan buat cari tukang nasi uduk yang buka. Entah saat itu gak ada satupun yang buka. Dan saat itu gue bener-bener kuat jalan demi seonggok nasi uduk.. Betapa bangganya gue.. *tampar bolak balik*. Skip - skip - skip. Jam 8 pesen Go Box, jam 10 pamitan dengan empunya kontrakan, dan pulang. Good bye my first home! Good bye my little baiti jannati.. Welcome home honey!

Setelah sampai rumah dan menata ulang kamar, gue dan suami pergi kontrol mingguan setelah dzuhur. Setelah sampai klinik...

"Ketuban oke, kepala si dede udah masuk panggul, tinggal nunggu mulesnya aja kalau gitu." Kata asisten bidan 2 cantik nan ceria itu berkata.

"Tau mules kaya gimana sus? Maksudnya kalau nanti saya taunya itu mau lahiran gimana?"

"Yaa pokoknya kalau mulesnya kaya lagi mau pup sama sakit kaya mau haid, itu tandanya udah mulai kontraksi." Kata asisten bidan 1 bersemangat ngoceh sambil ngegambar  nulis2 di buku pink (yang udah jadi emak2 tau lah ya apa itu buku pink)

*gue bingung..* "Saya haid alhamdulillah gak pernah sakit sus.. Lantjar djaya sentosa.."

*suami ngakak*

Asbid 1: "Pokoknya pak, nanti kalau si ibu mukanya udah JELEK banget, ekspresinya udah GAK ENAK BANGET DILIAT, itu tandanya itu udah mau siap2 lahiran!"

*gue dalam hati, "punya dendam apa lo sama gue, hah?!".. Eh enggak deng, gue ngakak doang.. Ngakak ngetawain diri gue yang lagi dikatain jelek.. Sekian*

Asbid 2: "Loh ini perutnya udah keras, ini sih udah masuk kontraksi namanya. Sakit atau mules gak?"

*gue bingung lagi..* "Enggak sus.."

Asbid 2: "Kalau gitu kita periksa dalam dulu yaa.. Boleh gak?"

"Iya boleh.."

"Tarik nafas, bismillah, jangan tegang ya.."

*gue: nahan nafas beneran*

"Bu, ini mah udah pembukaan 1.. Bentar lagi ini mah." kata si Asbid 2 yang asik menjalankan tugasnya.

*gue dan suami syok*

"HA?!" teriak suami lebay.

"Udah ini mah nanti malam lahirannya" kata Asbid 2 sotoy

"Ya iya, bikinnya malam ya lahirannya malam juga" Asbid 1 menimpali kesotoyannya dengan mantap

*gue deg-deg-an*

*suami cengar-cengir//woy!!*

"Biar lahirannya cepet, abis ini HB (Hubungan Badan, -red) aja"

"Yakin?! Disini langsung sus?" suami bangkit dari tempat duduknya dengan semangat *suami gue ya Allah... ngelawak aja disaat begini*

"EH BUKAN DISINI PAK! Nanti di rumah" kompak ngegas si Asbid 1 dan 2. Mereka kayanya takut ruang periksa bakalan jadi kapal pecah. wkwkwk.

----

Setelah pulang dari klinik pun kami berdua masih sempat ke rumah mertua gue, naik motor. Begitu gue ceritain kondisi gue yang udah masuk pembukaan 1, mereka kaget dan misuh-misuh kenapa gue masih kelayaban aja. Sorenya, kita praktekin yang disaranin si duo asbid ceria itu. Btw, (maaf) berhubungan intim ketika sedang hamil tua itu merupakan salah satu induksi yang merangsang persalinan secara alami. (Sumber: Hallosehat.com)

Malamnya, sehabis isya gue balik lagi ke rumah gue. Cek apakah kamar sudah ready atau belum. Berasa tuan putri.. Syalala~~

Karna kondisi sudah pembukaan 1, malemnya jam 10an gue jalan2 di depan rumah buat melancarkan persalinan nanti. Sempet ngidam bakso untuk yang terakhir kalinya juga *gak penting ini mah*. Ada mungkin sekitar 1 jam gue asik muter2 di jalanan depan rumah. Begitu masuk ke rumah dan bersiap-siap mau tidur, tiba-tiba...

Serrrr... Rasa-rasanya ada yang keluar dari bawah. Seperti lagi haid hari pertama. Awalnya gue mau abaikan, karna gue kira hanya keputihan. Tapi karna rasanya "agak" banyak, gue cek lah ke kamar mandi.. DAN TERNYATA.. Keluar flek/darah. Oke panik namun tetap berusaha cool and funky.

----
Nyokap, karna antusias dengan kehamilan gue, doi orang yang paling bawel ini itu. Begitu gue kasih tau gue keluar flek, heboh serumah. Nyokap, suami, dan gue, akhirnya bergegas ke klinik tempat gue periksa sebelumnya. Pukul 12:00 tengah malam..

Saat di klinik diperiksa dalam lagi dan itu ternyata baru pembukaan 2. Gue disarankan untuk banyak jalan lagi biar cepet masuk pembukaannya. Malam itu juga gue nginep.

Senin, 1 Oktober 2018
Pukul 7 pagi, pengecekan lagi dan baru masuk pembukaan 3. Belum ada rasa apa2. Sakit mules pun enggak. Sombongnya gue waktu itu. Merasa tenang dan bisa menghadapi rasa takut saat itu karna gak jejeritan seperti pasien di kamar bersalin jam 4 pagi tadi. Huh..

Suami mana lagi ya kan yang istrinya lagi bersiap melahirkan tapi dia berangkat kerja? Eh tapi itu gue yang suruh dia buat berangkat kerja sih. Karna merasa gak enak bikin dia harus libur kalau misalnya gue gak jadi lahiran hari ini. Begitu suami pamit ke gue buat berangkat kerja.. Mulai lah gue drama merasakan sakit yang teramat sakit.

Jangan dibuka kalau gak kuat!
Sakitnya bener2 bikin gak nyaman tiduran. Dan disaat itu juga gue baru tau kalau itu yang disebut kontraksi. Ya Allah.. Sombong banget gue tadi, merasa sudah memberdayakan diri tapi nyatanya nihil. Klimaksnya disini, gue nangis, minta maaf ke nyokap kalau selama ini mungkinudah pernah jadi anak pembangkang. Gue baru ngerasain gimana sakitnya hati gue kalau anak gue durhaka dan sedangkan butuh pengorbanan nyawa ketika kita mau dilahirkan.. Asli, gue nangis minta ampun saat itu.. Nyokap berusaha tegar dan kasih semangat ke gue buat sabar dan sadar. Saat itu pembukaan 4, jam 10 pagi.

Gue meringis kesakitan, ngantuk berat, nangis, pengennya nungging tapi gak dibolehin sama nyokap gue, pokoknya nano-nano saat itu. Suami gue diperintahin buat segera pulang karna kata nyokap gue, si baby belum mau lahir karna babanya udah berpesan buat tungguin doi sebelum berangkat kerja tadi. Gue coba buat rileks dan tenangin diri dengan hypnobirthing. Ya ada? Rasa kantuk makin gak tertahankan. Nyokap panik karna gue sempet tidur padahal lagi kesakitan. Ini sih yang bikin akhirnya gak tenang. Hahaha.

Jam 12 siang, dengan tenang Asbid 3 datang buat cek lagi dan ternyata masih pembukaan 4. Weh gue down saat itu, ini baru pembukaan 4 dan udah sesakit ini. BUTUH BERAPA JAM LAGI?!! Iman gue lemah, mau nyerah, suami nguatin perasaan gue. Ada hasrat ingin di operasi caesar saja. Namun urung diungkapkan. Karna kepalang tanggung, sekalian aja lanjutin harusnya.

Jam 1 siang, gue makin gak bisa kontrol rasa sakit ditambah rasa ngantuk yang makin kuat.. Ketuban pecah dan akhirnya Ibu Bidan dan Asbid 3 datang. Gue sempet mau dipindahkan ke ruang bersalin saat itu, tapi karna gue sudah kepayahan saat itu, akhirnya lahiran di kamar pasien. Untungnya saat itu kamar pasien yang gue tempatin cuma gue doang penghuninya. Berasa pasien vvip dengan harga ekonomi hahaha *ketawa senang*.

Pukul 14:45, akhirnya setelah melalui proses lahiran yang sangat dramatis, makhluk kecil bulat itu lahir ke dunia.. Terharu, sedih, sakit, capek, lega, semua jadi satu. Yang jadi pikiran gue saat itu adalah AKHIRNYA GUE BISA MAKAN ES KRIM SEPUAS GUE. Iya.. Seriusan! Tau kan lo gimana nelangsanya sebagai ibu hamil yang kepingin banget makan es krim tapi gak dibolehin dari usia kehamilan 7 bulan sampai lahiran.. BAYANGIN! *lebay*



---SEKIAN---

Itu lah sepenggalan cerita pengalaman pertama gue. Selama ini gue kira, habis melahirkan langsung beres selesai. Ternyata ada banyak macam keadaan yang memaksa gue untuk belajar lebih, lebih, dan lebih lagi. Gue gak hanya melahirkan seorang anak saja. Tapi juga melahirkan diri gue menjadi seorang ibu, merubah keadaan dan status suami, orang tua, adik - kakak, menjadi ke keadaan dan statusnya masing-masing ketika ada penambahan keluarga baru. Gue bukan lagi anak muda yang bisa hangout gaeeessss~~!! 

Indah ternyata.. Ya walau banyak drama tangisan karna banyak hal. Tapi itu semua setimpal dengan apa yang kita dapat. Seperti lagu.. "Ingin ku teriaaaak~~ ingin ku menangiiis~~" demtadundung desss!! *woy!*

Yang paling asik bagi gue selama menjadi ibu adalah mengenal bagaimana proses memberikan ASI Eksklusif ke baby. Proses belajar ini nih yang bagi gue adalah masa-masa sulit. Dimana gue merasa semua orang itu berbahaya termasuk babanya sendiri. Tinggal di lingkungan yang tabu akan pemberian ASI Eksklusif itu merupakan suatu tantangan bagi gue. Ditambah lagi ketika gue udah masuk kerja. Untuk ASI Eksklusif dan mommy working life bakalan gue tulis nanti. Jadi gue bisa inget lagi masa-masa perjuangan mengASIhi selama 2 tahun gue.. Semoga tercapai! Aamiin!






-FIN-
Fahriza, 2018

Tidak ada komentar: